Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Nasihat Rasulullah Memilih Pasangan


7 Nasihat Rasulullah Memilih Pasangan. Dalam keterangan yang ada di Al-Qur’an, setiap manusia sudah ditentukan pasangannya masing-masing oleh Allah SWT. Meskipun demikian, kita sebagai manusia mempunyai satu kewajiban sebelum takdir jodoh itu datang kepada kita yaitu berusaha dan berdoa sekuat mungkin dan selanjutnya bertawakal diri menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Berikut 7 Nasihat Rasulullah Memilih Pasangan!

Menikah bukan sekedar mengucapkan ijab dan qabul di hadapan penghulu kemudian mengadakan resepsi pernikahan. Pernikahan jika dilihat dari pranata sosial memiliki implikasi yang sangat luas diantaranya sudah dianggap mandiri dan telah memiliki tanggung jawab yang harus dipikulnya yaitu istri dan kalak anak-anaknya. Kemudian lahirnya tanggung jawab baik yang bersifat parsial maupun kolektif yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum memasuki jenjang kehidupan baru tersebut.

Sehingga sebelum memasuki jenjang pernikahan atau mengawalinya dengan memilih jodoh atau pasangan harus memahami betul apa makna dan tujuan menikah? Dengan mengetahui makna atau alasan menikah seseorang baik itu pemuda atau pemudi akan memperoleh sebuah petunjuk untuk melangkah ke tahapan berikutnya. Adapun beberapa tahapan tersebut dimulai dari proses pemilihan jodoh atau pasangan, khitbah, keberlangsungannya hingga ke akad pernikahan, pemahaman hak dan kewajiban, serta tahapan sikap saling pengertian (tasamuh). Dengan mengkaji makna dari hubungan perkawinan maka tahapan-tahapan tersebut mudah untuk dilalui.

Bagi suami istri adalah tempat mencari ketenangan dan ibarat ladang, pendamping hidup, pengurus rumah, ibu bagi anak-anak, tambatan hati, tempat meluapkan segala isi hati. Semoga materi 7 Nasihat Rasulullah Memilih Pasangan ini bermanfaat!

Download Materinya 7 Nasihat Rasulullah Memilih Pasangan KLIK DISINI
Baca juga: 8 Motivasi Menikah dan 7 Hikmah Menikah!