Sholat Sunah Istikhoroh

fiqihsunah.com

fiqihsunah.com - Sholat Sunah Istikhoroh ialah shalat sunah yang dilakukan untuk meminta petunjuk yang baik atas dua pilihan yang meragukan.
    Silahkan dibaca juga:

Dalil shalat istikharah:
Sabda Rasulullah SAW:
عَنْ جَابِرٍ بِنْ عَبْدُ اللهِ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهَ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَة فِي الأُمُوْرِ، يَقُوْلُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ
Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah Saw mengajar kami untuk meminta petunjuk dalam beberapa perkara yang penting. Beliau berkata,’apabila salah seorang diantara kamu menghendaki suatu pekerjaan, hendaklah ia shalat dua rokaat. (HR. Bukhari)

Do’a sholat istikharah:
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ
اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلًمُ أًنَّ هَذَا الْأَمْرَ  خَيْرٌ لِيْ فِي دِيْنِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاقْدِرْهُ لِي وِيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيْهِ. وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدِرْ لِي الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ، ثُمَّ أَرْضِنِي بِهِ.
“Ya Allah aku memohon pilihan-Mu dengan ilmu yang Engkau milikiYa Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.”
“Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.”

Tata Cara Sholat Sunah Istikhoroh:
Ketika seseorang ragu-ragu akan sisi positif dan sisi negatif suatu perkara, atau untuk memantapkan setiap pilihan yang diambil dianjurkan untuk shalat sunah 2 rokaat, siang atau malam hari. Kemudian dilanjutkan dengan pujian kepada Allah dan shalawat kepada Nabi. Lalu berdoa meminta petunjuk agar diberi pilihan yang terbaik.

Admin: Kajian Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq - www.fiqihsunah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sholat Sunah Istikhoroh"

Post a Comment

Silahkan tulis komentar atau pertanyaan disini atau via email konsultasi@fiqihsunah.com