Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pernikahan Barokah Menurut Al-Quran dan As-Sunah | Download PowerPoint

fiqihsunah.com
fiqihsunah.com - Nikah dalm bahasa artinya adalah : mengumpulkan, menggabungkan atau al wathu’. Adapan secara syariat nikah adalah akad yang menghalalkan laki – laki dan perempuan yang bukan mahram sehingga dengan akad tersebut terjadi hak dan kewajiban antar kedua insan tersebut.

Klik Download Materi DISINI

Dalil disyari’atkan menikah 
Dalil Quran Surat An–Nisa ayat 3
وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَووْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَلَّا تَعُولُوا
“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” (An-Nisa:3)

Dalil hadits :
عن عبد الله بن مسعود قال : قال لنا رسول الله صلى الله عليه وسلم  يا معشر الشباب ، من استطاع منكم الباءة فليتزوج فإنه أغض للبصر ، وأحصن للفرج ، ومن لم يستطع فعليه بالصوم فإنه له وجاء 
"Wahai golongan pemuda! Barangsiapa diantara kalian memiliki kemampuan untuk menikah, hendaklah segera menikah, kerana pernikahan itu baik untuk menjaga pandangan dan memelihara kemaluan (kehormatan), tetapi barangsiapa tidak memiliki kemampuan untuk menikah, maka hendaklah dia puasa, kerana (puasa) itu dapat menjadi tameng baginya (menahan nafsunya)." (HR Bukhari dan Muslim)

Materi Pernikahan Barokah Menurut Al-Quran dan As-Sunah | Download PowerPoint KLIK DISINI

Daftar Isi:
Visi Misi Penikahan
Mutiara Menuju Pernikahan
25 Filosofi dan Tujuan Menikah
5 Hukum Menikah
Haram dinikahi
3 Kriteria Utama Memilih Pasangan
Manajemen Menikah yang Barokah
8 Adab Tarbawi dalam Menikah
11 Mekanisme Pra Menikah dan Setelah Menikah
7 Fenomena Jahiliyah dalam pernikahan yang mesti dihindari

KLIK DOWNLOAD


Admin: Kajian Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq - www.fiqihsunah.com