HAID NIFAS DAN ISTIHADHOH

www.fiqihsunah.com

fiqihsunah.com - Menurut Jumhur Ulama minimal usia 9 tahun, jika darah keluar dibawah usia tersebut maka bukan termasuk darah haid. Adapun batas usia maksimal wanita haid, para ulama berbeda pendapat antara usia 50 tahun sampai dengan 70 tahun. Kecuali Imam Syafii, tidak membatasi usia maksimal wanita haid.
    >> Silahkan dibaca juga :
HAID
A. Definisi Haid
Menurut bahasa haid yaitu mengalir, dalam bahasa arab السيلان
Adapun menurut istilah ialah Darah alami yang keluar mahkota (qubul) wanita pada saat sehat, bukan karena melahirkan, atau hilangnya keperawanan.

B. Usia dan Waktu Haid
Menurut Jumhur Ulama minimal usia 9 tahun, jika darah keluar dibawah usia tersebut maka bukan termasuk darah haid. Adapun batas usia maksimal wanita haid, para ulama berbeda pendapat antara usia 50 tahun sampai dengan 70 tahun. Kecuali Imam Syafii, tidak membatasi usia maksimal wanita haid.

Untuk waktu haid tidak ada batasan khusus, para ulamapun berbeda pendapat dalam hal ini. Batas minimal 1 hari 1 malam, menurut Imam Syafii. Adapun batas maksimal waktu haid antara 10 hari sampai dengan 15 hari.

C. Ciri ciri darah Haid
Ciri ciri darah haid berdasarkan warna, sebagaimana disebutkan dalam kitab Fiqih Sunah (Fiqih Sunah, 1/84) ada empat macam warna darah haid, yaitu; hitam, merah, jingga dan coklat gelap.
Arti warna darah haid dari tinjauan kesehatan, sebagai berikut;
"Wanita biasanya akan mengalami salah satu dari banyak pola warna selama menstruasi," kata Konselor Kesehatan dan Ahli Gizi Fungsional dari Dr OZ, Alisa Vitti dikutip dari Boldsky, Jumat (26/2/2016).

1. Hitam atau abu-abu. Warna ini mengkhawatirkan. Jika Anda melihatnya, tidak boleh diabaikan. Abu-abu atau hitam mengacu pada infeksi di rahim. Namun, umum terlihat di hari ke-4 bersamaan dengan warna merah.

2. Merah atau  Merah Cranberry. Merah, ini normal karena tubuh langsung menumpahkannya. Aliran deras dan dilepaskan dengan sangat cepat.
Merah Cranberry, ini adalah warna yang sehat dan normal untuk jangka waktu tertentu. Warna ini biasanya terlihat pada hari ke-2 masa periode. Para ahli menjelaskan, mereka yang memiliki waktu siklus yang lama, warna yang semulanya cranberry berubah menjadi lebih merah.

3. Oranye atau jingga. Warna oranye terlihat ketika darah tercampur cairan dari leher rahim. Darah berwarna oranye cerah juga mungkin menunjukkan adanya infeksi. Konsultasikan ke dokter dan jangan mengabaikannya.

4. Cokelat gelap. Warna darah cokelat gelap menandakan darah sudah disimpan di dalam rahim untuk waktu yang lama. Biasa terlihat di pagi hari. (sumber: http://health.liputan6.com)

NIFAS
A. Definisi Nifas
Nifas ialah darah yang keluar dari mahkota wanita karena melahirkan, atau keguguran.

B. Waktu Nifas
Waktu minimal nifas yaitu sebentar saat setelah melahirkan keluar darah meskipun sebentar, adapun jika melahirkan dan tidak mengeluarkan darah (meskipun sangat jarang) maka hukumnya tidak termasuk nifas.

Menurut kebiasaan waktu maksimal nifas yaitu 40 hari, dan menurut Imam Syafii waktu maksimal nifas ialah 60 hari. Artinya jika masih keluar darah setelah melewati waktu maksimal tersebut maka hukumnya bukan nifas.

Disebutkan dalam hadits, “Bahwa wanita nifas di zaman Rasulullah Saw yaitu selama 40 hari.” (hadits shohih dari Umu Salamah, istri Nabi Saw)

C. Hukum Haid dan Nifas
Hukum Haid dan nifas sama dengan hukum junub (hubungan suami istri), adapun larangan bagi wanita haid dan nifas sebagai berikut;
1. Sholat
2. Hubungan suami istri
3. Shaum
4. Thowaf dan Sa’i
5. I’tikaf di masjid

Adapun membaca Quran, menyentuh mushaf, menghapal dan muroja’ah diperbolehkan, karena menurut Imam Ibnu Taimiyah dalam fatwanya, waktu Haid dan Nifas cukup lama berbeda dengan Junub yang hanya sebentar.

ISTIHADHOH 
A. Definisi Istihadhoh
Darah istihadho ialah darah yang keluar terus menerus dari mahkota wanita selain haidh dan nifas.

B. Kategori Istihadhoh
Yang termasuk darah istihadhoh yaitu selain kategori haid dan nifas sebagai berikut;
1. Keluar darah sebelum usia haidh (9 tahun)
2. Keluar darah setelah usia haidh (50-70 tahun)
3. Keluar darah setelah masa haidh (13-15 hari)
4. Keluar darah sebelum melahirkan
5. Keluar darah setelah masa nifas (40-60 hari)

C. Hukum Istihadhoh
Hukum istihadhoh ialah hadats kecil. Jika keluar darah istihadhoh maka tidak berlaku sebagaimana larangan bagi wanita haid, nifas dan junub.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAID NIFAS DAN ISTIHADHOH"

Post a Comment

Silahkan tulis komentar atau pertanyaan disini atau via email konsultasi@fiqihsunah.com